Tentang

Pasar Syariah (Market Place Islami)

Pasar Syariah adalah layanan Market Place Islami yang menyediakan berbagai produk, seperti makanan dan minuman, hijab syar’i, gamis pria maupun wanita, turban, kosmetik, obat-obatan pun tersedia di Pasar Syariah.Pasar Syariah sendiri merupakan jasa tempat perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya yang dibuat agar mempermudah penjual dan pembeli tersebut bertransaksi walau keduanya tersebut berada pada tempat yang terpisah.

Berdasarkan definisi tersebut, terminologi pasar syariah dapat diartikan sebagai pasar yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Oleh karena itu, pasar syariah bukanlah suatu sistem yang terpisah dari sistem pasar secara keseluruhan. Secara umum kegiatan Pasar Syariah tidak memiliki perbedaan dengan pasarĀ  konvensional, namun terdapat beberapa karakteristik khusus Pasar Syariah yaitu bahwa produk dan mekanisme transaksi tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Penerapan prinsip syariah di pasar syariah tentunya bersumberkan pada Al Quran sebagai sumber hukum tertinggi dan Hadits Nabi Muhammad SAW. Selanjutnya, dari kedua sumber hukum tersebut para ulama melakukan penafsiran yang kemudian disebut ilmu fiqih. Salah satu pembahasan dalam ilmu fiqih adalah pembahasan tentang muamalah, yaitu hubungan diantara sesama manusia terkait perniagaan. Berdasarkan itulah kegiatan pasar syariah dikembangkan dengan basis fiqih muamalah.Terdapat kaidah fiqih muamalah yang menyatakan bahwa Pada dasarnya, semua bentuk muamalah boleh dilakukan kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Konsep inilah yang menjadi prinsip pasar syariah di Indonesia.

Dalam Islam, umat muslim dianjurkan untuk berusaha apa saja selama masih dalam koridor syariah, artinya selama usaha itu tidak melanggar ketentuan-ketentuan yang di syariatkan Allah SWT. Demikian pula dalam hal melakukan kegiatan ekonomi, semua boleh dilakukan asalkan tidak melanggar aturan-aturan tersebut. Salah satu aktivitas ekonomi dapat terlihat dalam pasar, dimana bertemunya antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi atas barang atau jasa, baik dalam bentuk produksi maupun penentuan harga. Transaksi jual beli dalam Pasar Syariah dibolehkan dalam Islam selama tidak mengandung riba dan hal-hal yang dapat merugikan salah satu pihak, sebagaimana Allah Swt. berfiman dalam QS. Al-Baqarah ayat 275 :

“Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli itu sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.”

Pasar Syariah(Market Place Islami) merupakan tempat perantara antara penjual dan pembeli, dimana didalamnya pasti tak lepas dengan aktivitas jual beli yang tentunya berkaitan dengan akad antara kedua belah pihak.